Sabtu, 01 Maret 2014

Tips Merawat Jilbab Bahan Kaos Rayon dan Spandek


kerudung yang berbahan rayon atau kaos biasanya memiliki elastisitas atau kelenturan yang baik,Spandek rayon biasanya disebut bahan kaos.Bahan spandek rayon memiliki komposisi bahan yang sangat elastis sekali yaitu memiliki 2 arah elastis yang mengarah lebar dan panjang bahan,namun jangan terlalu sering membuatnya tertarik karena bisa membuat bahan menjadi molor dan tidak bagus bentuknya.


Pada dasarnya merawat kerudung dari bahan spandek rayon tidak jauh berbeda dengan bahan jilbab lainnya oleh sebab itu ada cara supaya bahan tersebut tetap bagus dan cantik pastinya.

1. Jangan merendam terlalu lama 

Pada saat merendam kerudung kaos (apapun itu jenisnya usahakan tidak lebih dari 1 jam.Bahkan untuk kaos baru jangan direndam lebih dari 30 menit. Proses rendaman pada detergen yang terlalu lama dapat membuat warna kaos cepat pudar.

2. Pisahkan kaos putih dari yang berwarna saat dicuci 

Perlu dipisahkan antara kerudung kaos yang berwarna terutama yang berwarna kuat seperti hitam, merah, biru, dan hijau dengan kaos lain yang berwarna putih. Hal ini untuk mengantisipasi apabila ada yang luntur. Pisahkan juga kaos yang sangat kotor dengan yang tidak begitu kotor, karena apabila dicampur malah dapat membuat kotoran yang ada saling menyebar ke kaos yang lain.

3. Hindari mencuci jilbab cantik anda menggunakan mesin 

Cara mencuci kaos yang terbaik adalah dengan cara manual/menggunakan tangan. Penggunaan mesin cuci pada umumnya dapat membuat kaos menjadi melar, dan pori-pori kasar (berbulu). Hal ini dikarenakan pada saat mesin cuci berputar, kaos akan menerima beban tarik-ulur dan gesekan dengan kain lain disekitarnya.

4. Jangan disikat

Seperti halnya mencuci denga mesin cuci, mencuci kaos dengan cara disikat dapat membuat kaos cepat melar dan pori-pori kaos menjadi kasar (berbulu).

5. Gunakan pewangi/pelembut pakaian

Agar anda tetap merasa nyaman dan wangi pada saat memakai kerudung ini, tambahkan pelembut/pewangi pakaian pada bilasan terakhir. Pelembut pakaian dapat menjaga kelembutan tekstur bahan kaos.

6. Jemur dengan terbalik

Hindari mengeringkan pakaian yang berbahan dasar kaos di mesin pengering yang ada dalam mesin cuci. jemurlah di bawah sinar matahari langsung,dan jemurlah dengan terbalik. teriknya sinar matahari langsung dapat membuat warna kaos menjadi cepat pudar.

7. Setrika dengan aman

Yang terakhir, jangan lupa untuk menyetrika kerudung yang berbahan dasar kaos ini dengan cara dibalik terlebih dahulu agar warnanya tetap cerah. Atur temperatur yang ada pada setrikaan (jangan menggunakan temperatur yang terlalu panas). Temperatur yang terlalu panas dapat cepat memudarkan warna pada bahan kaos.
 
Mudah-mudahan beberapa tips di atas dapat bermanfaat bagi anda dalam merawat kerudung bahan rayon, sehingga kerudung anda tetap awet dan nyaman.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar